Cuplikan Gol Espanyol 1-1 Barcelona (Liga Spanyol)

Cuplikan gol – Mental bertanding yang luar biasa ditunjukkan Barcelona dalam derby bertensi tinggi kontra Espanyol di jornada ke-22 La Liga, pada Minggu (4/2/18) malam WIB. Di partai yang digelar di RCDE Stadium tersebut Blaugrana mampu lolos dari kekalahan pertama di liga musim ini usai memaksakan skor imbang 1-1.

Dengan ini Barca tetap memimpin klasemen sementara dengan nilai 58 poin atau unggul 12 poin dari Atletico Madrid yang masih belum bermain melawan Valencia. Sementara itu meski gagal menang Espanyol patut diberi kredit lebih karena mampu menekan anak-anak asuhan Ernesto Valverde dengan permainan lugas selama 90 menit. Kini klub besutan Quique Sanchez Flores tersebut masih berada di peringkat ke-15 dengan 25 poin.

Ketiadaan Lionel Messi yang disimpan di bangku cadangan membuat daya kreativitas Barca menjadi sedikit tereduksi. Terbukti peluang bersih pertama baru tercipta di menit ke-22 melalui Philippe Coutinho. Namun gelandang anyar asal Brasil tersebut hanya bisa menendang bola sampai menerpa mistar usai melakukan kerjasama dengan Lucas Digne. Tidak ada gol, yang ada hanya kini Barca tercatat sebagai tim yang paling sering menyasar tiang dengan 23 kali. Terbanyak diantara tim lainnya di lima liga top Eropa.

Espanyol sempat melancarkan serangan balasan empat menit kemudian. Leo Baptistao memanfaatkan kecepatannya untuk mendribel Andres Iniesta sebelum akhirnya melepas sepakan yang masih bisa diamankan kiper Ter Stegen. Bola rebound coba dicuri namun Ter Stegen masih terlalu sigap.

Di menit ke-34 Nelson ‘Nelsinho’ Semedo jadi penyelamat gawang Barca dengan mengalahkan Baptistao dalam perebutan bola udara. Jika tidak ada fullback Portugal tersebut mungkin crossing dari Navarro sudah bisa dibelokkan Baptistao kedalam gawang.

Paham jika timnya butuh seseorang yang bisa merubah keadaan Valverde kemudian memanggil Messi untuk masuk menggantikan Paco Alcacer di menit ke-60, sayangnya justru Espanyol yang langsung mendapat momentum. Di menit 66 crossing dari Sergio Garcia mengarah tepat pada Gerard Moreno yang dengan satu tandukan tajam mengalahkan Gerard Pique sekaligus Ter Stegen. Skor 1-0 untuk tuan rumah.

Sayang keunggulan Espanyol tidak bisa bertahan sampai peluit akhir berbunyi. Pique membayar kesalahannya dalam mencegah gol lawan dengan satu sundulan akurat untuk merubah set piece jarak jauh Messi menjadi assit baginya di menit 82. Bek asli Catalonia tersebut makin menjadi public enemy bagi para pendukung tuan ruamh yang datang ke Cornella El Prat. Skor 1-1 pun bertahan hingga laga usai.

Cuplikan Gol Espanyol 1-1 Barcelona (Liga Spanyol)

Susunan pemain Esanyol vs Barcelona

Espanyol (4-2-3-1): Diego López, Marc Navarro Ceciliano, David López, Naldo, Aarón Martin Caricol, Víctor Sánchez, Sergi Darder, Leo Baptistao, Esteban Granero, José Manuel Jurado, Gerard

Cadangan: Pau López Sabata, Óscar Duarte, Carlos Sánchez, Sergio García, Óscar Melendo Jimenez, Pedro Rios, Mario Hermoso

Barcelona (4-4-2): Marc-André ter Stegen, Nelson Cabral Semedo, Gerard Piqué, Samuel Umtiti, Lucas Digne, Philippe Coutinho, Paulinho, Sergio Busquets, Andrés Iniesta, Paco Alcácer, Luis Suárez

Cadangan: Ivan Rakitic, Denis Suárez, Lionel Messi, Jasper Cillessen, Jordi Alba, Sergi Roberto, Yerry Mina