Cuplikan Gol Barcelona 2-0 Espanyol (Copa del Rey)

Cuplikan gol – Barcelona, sang juara bertahan Copa del Rey, sukses memastikan langkah ke babak semifinal usai melewati hadangan Espanyol di fase delapan besar. Di partai leg kedua, Los Cules bisa menyingkirkan sang rival sekota dengan kemenangan 2-0 yang berarti mereka lolos dengan agregat 2-1.

Dalam laga yang digelar di Camp Nou, Jum’at (26/1) dini hari WIB, Barca akhirnya bisa mendapatkan kans memberi debut pada Philippe Coutinho yang telah pulih dari cederanya. Namun Lionel Messi dan Luis Suarez tampil sebagai bintang laga dengan masing-masing mengantongi satu gol.

Tertinggal secara agregat membuat Barca membidik sebuah gol cepat di Camp Nou. Benar saja, baru sembilan menit laga berjalan Luis Suarez sudah mencatatkan namanya di papan skor. Berdiri tanpa penjagaan berarti di kotak penalti Espanyol, dengan leluasa ia menanduk kiriman bola lambung dari Aleix Vidal di sayap kanan.

Tercurinya keunggulan agregat yang sudah susah payah diraih di leg pertama membuat Espanyol jadi lebih berani untuk menyerang. Melalui Gerard Moreno (menit 10) dan Esteban Granero (menit 24), tim tamu mendapatkan peluang untuk menyamakan kedudukan namun sayang keberuntungan belum berpihak pada mereka.

Justru Barca yang bisa menambah keunggulan mereka di menit ke-25 melalui sang megabintang, Lionel Messi. Memanfaatkan kesulitan para pemain Espanyol dalam membuang bola, La Pulga dengan kelincahannya melakukan dribling pendek di tepi kotak penalti sebelum akhirnya menuntaskan dengan sebuah sepakan keras yang merobek gawang Pau Lopez berkat ‘bantuan’ defleksi.

Sebelum babak pertama tuntas Barca mendapatkan sejumlah peluang untuk bikin gol lagi. Yang paling berpotensi adalan dua peluang dari Suarez dan Ivan Rakitic di rentang 40-45 menit, namun penyelesaian mereka masih belum menemukan sasaran.

Dimasukannya nama Leo Baptistao di babak kedua untuk menggantikan Sergi Darder membuat lini serang Espanyol jadi makin hidup. Baptistao sukses mencuri peluang di enam menit pertama sembari mengkreasikan satu lainnya untuk Gerard di menit ke-67.

Barca pun tidak mau kalah dengan memasukkan nama bintang terbaru mereka, Philippe Coutinho, pada menit ke-68. Hasilnya sang playmaker Brasil nyaris memberi assist untuk Suarez pada menit 75, namun sayang nama terakhir masih meleset dari targetnya.

Messi nyaris mencetak gol keduanya di laga ini dengan memanfaatkan crossing akurat dari Rakitic dua menit sebelum waktu normal usai. Tidak beruntung baginya karena bola tembakannya justru menyasar tiang gawang. Skor 2-1 pun bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Cuplikan Gol Barcelona 2-0 Espanyol (Copa del Rey)

Susunan Pemain Barcelona vs Espanyol

Barcelona (4-4-2): Jasper Cillessen, Sergi Roberto, Gerard Piqué, Samuel Umtiti, Jordi Alba, Aleix Vidal, Sergio Busquets, Ivan Rakitic, Andrés Iniesta, Lionel Messi, Luis Suárez

Cadangan: Marc-André ter Stegen, Philippe Coutinho, Paulinho, Paco Alcácer, Lucas Digne, André Gomes, Yerry Mina

Espanyol (4-1-4-1): Pau López Sabata, Marc Navarro Ceciliano, Naldo, Mario Hermoso, Aarón Martin Caricol, David López, Sergi Darder, Javi Fuego, Víctor Sánchez, Esteban Granero, Gerard

Cadangan: Óscar Duarte, Sergio García, Leo Baptistao, Diego López, Óscar Melendo Jimenez, Pedro Rios, Marc Roca